SOCIAL MEDIA

Copyright (c) 2019 BlueScope Zacs™ - All Right Reserved
Angelina
Terakhir diperbaharui: 22 Feb 2024
Share:
  • Klik untuk salin

5 Bentuk Atap yang Paling Populer untuk Hunian Rumah

Halo Sobat Builders! Atap merupakan salah satu bagian penting dari rumah, seperti mahkota yang menyempurnakan estetika rumah, atap berfungsi sebagai pelindung dari cuaca dan memastikan kenyamanan keluarga yang tinggal di dalamnya. Pemilihan bentuk atap selain berdasarkan estetika, sebaiknya disesuaikan dengan kondisi sekitar, seperti cuaca atau luas lahannya. Karena bentuk atap rumah sangat mempengaruhi sirkulasi udara dan kenyamanan siapa saja yang berada di bawahnya.

 

Berikut 5 bentuk atap yang paling populer untuk hunian rumah yang bisa menjadi inspirasi Sobat Builders:

 

  1. Atap Pelana 
                                  Atap Pelana

    Bentuk atap pelana atau bisa disebut juga Gable merupakan model atap yang paling sederhana karena hanya memiliki sisi miring seperti huruf A. Atap ini memiliki kemiringan kurang lebih 30-40 derajat yang akan menciptakan ruangan di dalam plafon. Kelebihan dari atap pelana adalah memiliki risiko bocor yang kecil, karena tidak ada pertemuan arah air yang berbeda-beda dan air hujan akan langsung mengalir ke bawah. Sehingga atap ini tidak memerlukan talang yang rentan bocor.

    

  1. Atap Perisai   

Atap Perisai

Bentuk atap selanjutnya adalah bentuk atap perisai atau bisa disebut juga limasan. Atap model ini memiliki bentuk seperti limas yang terdiri dari empat bidang. Dua bidang berbentuk segitiga, dan dua bidang lagi berbentuk trapesium.

Kelebihan dari atap perisai ini adalah bentuk desain yang melebar seimbang dan presisi di semua sisi, dan memberikan perlindungan merata pada rumah. Sehingga mampu melindungi rumah dari terik matahari, terpaan hujan dan angin.

 

  1. Atap Pelana Belanda
                                  Atap Pelana Belanda

Bentuk atap pelana Belanda merupakan kombinasi antara atap pelana dan atap perisai Desain atap ini biasanya terdiri dari atap pelana yang ditempatkan di atas atap perisai sehingga membuat ruang lebih dalam loteng.

 

  1. Atap Tenda

Atap Tenda

Atap Tenda biasanya terdapat pada bangunan yang berbentuk persegi, di mana ukuran panjang sama dengan lebarnya, sehingga kemiringan bidang atap sama. Bentuk atap tenda terdiri dari empat bidang atap yang bertemu disatu titik puncak. Beberapa arsitektur sangat menyarankan menggunakan jenis atap sederhana ini untuk rumah yang mempunyai porsi luas tanah yang kecil.

 

  1. Atap Pelana Ganda  
                                    Atap Pelana Ganda
                                                                                                                                                                                                               
    Atap pelana ganda sama halnya dengan atap Pelana, namun pelana ganda memadukan dua atap pelana pada satu bangunan. Sehingga, jika dilihat dari depan atap ini akan membentuk seperti huruf M. 

    Gimana Sobat Builder sudah menemukan bentuk atap idaman anda? Setelah menemukan bentuk atap idaman, anda bisa menggunakan material atap dari Bluescope Zacs®️ yang memiliki berbagai referensi warna sesuaikan dengan kebutuhan hunian rumah Anda. Material atap dari Bluescope Zacs®️ lebih dingin dibandingkan dengan atap metal biasa, cocok sekali untuk dilingkungan tropis seperti di Indonesia. Dengan iklim tropis Indonesia dan siklus cuaca yang tak menentu, dapat membuat warna atap hunian rumah Anda mudah berubah warna. Namun PT NS BlueScope Indonesia memberikan jaminan 5 tahun garansi untuk ketahanan warna atap rumah Anda.

    Sekarang Sobat Builders tidak perlu bingung mencari atap rumah dengan kualitas terbaik, tinggal cari Bluescope Zacs®️



User Profile Picture


Adhi Yudho Wibowo
26 Dec 2019

Bagus!


Setiawan
26 Dec 2019

Hoo baru tahu good article