SOCIAL MEDIA

Copyright (c) 2019 BlueScope Zacs™ - All Right Reserved
Sabriena
Terakhir diperbaharui: 16 Jul 2024
Share:
  • Klik untuk salin

5 Tips Perlindungan Atap Rumah Saat Cuaca Ekstrem

Indonesia merupakan negara tropis, di mana setiap tahunnya akan mengalami masa transisi atau yang dikenal dengan musim pancaroba. Pada musim ini, fenomena alam yang kerap terjadi seperti angin kencang atau angin puting beliung. Tak hanya itu, wilayah Indonesia juga sering mengalami cuaca ektrem seperti badai dan hujan angin.

Atap Saat Cuaca Ektrem

Atap Rumah Saat Cuaca Ektrem 

Sebab itu, bagi kita yang tinggal di Indonesia, sangat penting untuk memperhatikan bagaimana kiat-kiat mengamankan atap rumah di saat cuaca ekstrem, berikut beberapa tips yang dapat di terapkan.

 

1.Lakukan pemeriksaan atap untuk menghindari kebocoran
Periksa atap secara berkala, terutama sebelum memasuki musim hujan atau saat muncul himbauan terkait cuaca ekstrem.
Perhatikan apakah terdapat bagian atap yang mengalami lubang retak yang bisa menyebabkan rembes.

 

2.Periksa kualitas rangka atap

Pemeriksaan AtapProses Pemeriksaan Atap 

Lakukan pemeriksaan kualitas rangka atap dengan teliti mulai dari material, struktur, termasuk balok, tiang, dan sambungan utama. Perhatikan tanda-tanda korosi, karat, atau kerusakan lainnya yang dapat memengaruhi kekuatan atap. Pastikan semua komponen berfungsi optimal. Jangan lupa periksa juga penahan beban dan penyangga untuk menghadapi tekanan eksternal.

 

3.Berikan perlindungan yang maksimal

Pelapisan Anti Bocor AtapProses Pelapisan Anti-Bocor Pada Atap 

Gunakan juga pelapis anti-bocor yang berkualitas, sehingga membantu melindungi atap dari rembesan air. Pastikan pelapis tersebut dipulas dengan rapi sehingga rata dan menyeluruh di permukaan atap. Agar dapat menempel sempurna, jangan lupa untuk membersihkan debu, kotoran, dan kerak pada atap, sebelum memberikan pelapis anti-bocor.

 

4.Periksa sistem talang air
Bersihkan talang air secara teratur dari kotoran yang dapat menyumbat saluran seperti daun, ranting, atau sampah. Jika terdapat kerusakan, segera perbaiki atau ganti bagian yang rusak untuk mencegah genangan air yang bisa memengaruhi atap dan struktur bangunan.

 

5.Lakukan pembersihan dan perawatan rutin
Atap yang lembab juga cenderung mudah mengalami kerusakan, oleh karena itu bersihkan kotoran seperti lumut, jamur dan daun. Perawatan ini bisa dilakukan secara rutin, sehingga atap bisa kokoh dan tahan lama.

 

6.Tebang pohon dan ranting yang berpotensi merusak atap saat angin kencang
Perhatikan daerah sekitar rumah, apakah ada pohon ataupun ranting yang berpotensi menimpa atap rumah? Jika iya, tebang pohon dengan alat dan tetap memperhatikan keselamatan. Jika pohon terlalu besar, pertimbangkan untuk menghubungi profesional untuk membantu mengatasinya.

 

Pemasangan Atap dengan Tenaga Ahli

 

Selain tips yang telah di jelaskan, pemasangan atap juga perlu diperhatikan. Jika ingin menggunakan baja ringan, sebaiknya pemasangan rangka atap dikerjakan oleh tenaga ahli.

Atap BlueScope

 

Sebab pemasanganya membutuhkan detail yang perlu diperhatikan.
Untuk pemasangan dan hasil yang maksimal bisa menggunakan jasa tukang baja ringan yang ahli, cari tukang baja ringan BlueScope Zacs® melalui menu cari tukang

 

Keunggulan Memilih Atap BlueScope Zacs®️ untuk Ketahanan saat Cuaca Ekstrem dibandingkan Material Lain

 

Atap BlueScope terbuat dari material baja lapis BlueScope yang terbuat dari campuran antara Zinc, alumunium dan silicon, sehingga kokoh dan tahan cuaca esktrem. Selain itu BlueScope juga memiliki ragam variasi warna yang indah sehingga membuat tampilan rumah lebih menarik.

 Atap BlueScope Zacs®️ Natural Merah Gaharu

Atap BlueScope Zacs®️ Natural Merah Gaharu

 

Berikut perbadingan atap BlueScope Zacs® dengan material lain.

 

 

 

 

 

 

 Atap BlueScope Zacs®️

 

 

a. Bahan baku atap menggunakan baja lapis BlueScope  Zacs® yang diproduksi menggunakan teknologi serta sudah teruji selama 100 tahun di Australia.

b. Memiliki bobot ringan sehingga pemasangannya mudah dan cepat, cocok untuk area rawan gempa

c. Kokoh dan tahan lama karena memiliki perawatan yang mudah dan minim resiko bocor

d. Tahan karat dan anti rayap

e. Terdapat pilihan warna beragam sehingga dapat menambah estetika bangunan.

 

UPVC

Atap jenis ini hanya bisa dipasangkan dengan jenis baut tinggi/screw sehingga pemasangannya harus hati-hati jika tidak maka atap dapat berpotensi retak dan semakin lebar saat angin kencang.

UPVC cenderung lebih rentan terhadap perubahan suhu seperti mudah memuai saat panas atau berjamur saat lembab.

 

Genteng Keramik

Genteng keramik cenderung rapuh dan retak saat terkena suhu ekstrem, serta membutuhkan perawatan lebih intensif untuk mencegah kerusakan dan kebocoran. Genteng keramik juga memiliki material yang berat, sehingga memerlukan struktur yang kuat, serta biaya perawatan yang lebih tinggi.

 

Genteng Asbes

Genteng asbes rentan terhadap retak dan pecah akibat perubahan suhu yang ekstrem.

Selain itu, tipe genteng ini juga memiliki risiko bagi kesehatan karena serat asbesnya yang berbahaya.

Atap Metal umumnya

Ketebalan dan lapisan pelindung karat yang tak pasti membuat ketahanan terhadap cuaca ekstrem dipertanyakan. Sebab, beberapa logam memiliki ketahanan yang buruk saat cuaca ekstrem. Sangat penting sebuah atap metal presisi dalam ketebalan dan lapisan pelindung karta sesuai dengan standar nasional dan internasional untuk jaminan kekuatannya.

 

Gunakan atap dengan material yang bermutu tinggi seperti BlueScope Zacs®️  yang sudah teruji dan tahan cuaca ekstrem. Selain itu, dilengkapi dengan garansi resmi 10 tahun perlindungan karat dan 5 tahun perlindungan warna, Bersertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI). 

 

Tagging : 

Material atap untuk curah hujan tinggi 
Baja Ringan Berkualitas 



User Profile Picture