SOCIAL MEDIA

Copyright (c) 2019 BlueScope Zacs™ - All Right Reserved
Tiara
Terakhir diperbaharui: 25 Apr 2024
Share:
  • Klik untuk salin

Ketahui Ketahanan Karat untuk Genteng Baja Ringan

 

Pemilihan material atap harus dipertimbangkan secara matang karena atap menjadi komponen utama untuk perlindungan sebuah hunian agar tetap nyaman dan aman.
Genteng baja ringan dengan beragam keunggulannya kerap menjadi material yang banyak digunakan.

 

Genteng baja ringan menjadi salah satu material yang diminati dalam sebuah konstruksi. Bobot materialnya yang ringan namun kokoh menjadi salah satu faktor utama nya. Selain itu, genteng baja ringan juga memiliki keunggulan lain diantaranya yaitu:

  1. Perawatanya yang mudah dan tidak memerlukan biaya banyak
  2. Waktu pengerjaanya lebih cepat dibanding material lainnya
  3. Genteng baja ringan mudah ditemukan di pasaran
  4. Kuat dan kokoh untuk ketahanan jangka panjang
  5. Mudah dibentuk sesuai keinginan. Misalnya untuk berbagai model atap, berbagai interior hingga kanopi atau carport.

 

Genteng Baja Ringan

Genteng Baja Ringan 

 

Faktor yang Menyebabkan Baja Ringan Berkarat dan Cara Menghindari nya

 

Kesalahan-kesalahan yang dilakukan pada saat pemasangan baja ringan menjadi salah satu faktor yang membuat baja ringan menjadi berkarat. Berikut hal yang harus dilakukan dalam pemasangan baja ringan:

 

  1. Hindari Goresan

Saat bongkar muat baja ringan jika tidak berhati-hati dapat menimbulkan goresan. Apalagi jika proses ini dilakukan secara manual dengan cara menarik baja ringan satu persatu dari alat angkut. Gunakan crane dalam menurunkan muatan baja ringan sehingga dapat meminimalisir goresan yang akan membuat rusak coating.

 

  1. Perhatikan alat pemotong

Baja ringan yang dipotong dengan mesin gerinda juga berisiko dapat menimbulkan karat meskipun alat tersebut membuat pengerjaan lebih cepat. Jika hal tersebut terjadi, maka Sobat Builders melakukan pelapisan ulang pada baja ringan dengan cat anti karat.

Namun sebaiknya gunakan gunting baja ringan sebagai alat pemotong guna mencegah risiko karat dan memperlama ketahanan baja ringan.

 

  1. Jauhkan dari air semen

Adonan semen yang menempel pada baja ringan dapat menimbulkan karat. Sebaiknya jangan aplikasikan semen pada genteng nok secara langsung di atas rangka baja ringan melainkan memberi lapisan kedap air untuk membatasi keduanya. Jika baja ringan terlanjur terkena adonan semen maka yang harus dilakukan adalah diamkan saja dan jangan mengelupas semen yang sudah kering karena lapisan coating pada baja ringan akan ikut mengelupas sehingga menimbulkan karat.

 

  1. Jauhkan dari larutan asam

Larutan asam biasanya terkandung pada cairan pembersih lantai dan keramik. Saat larutan asam menempel pada permukaan baja ringan maka lapisan coating nya akan terkelupas dan terjadi proses oksidasi yang dapat mempermudah baja ringan berkarat. Pastikan letakkan baja ringan di tempat yang kering dan jauhkan dari larutan asam.

 

  1. Faktor Cuaca

Cuaca di Indonesia yang tidak menentu dan terkadang cukup ekstrem yang dapat menggerus daya tahan coating pada baja ringan. Solusinya adalah menggunakan baja ringan yang sudah memiliki Standar Nasional Indoneisa (SNI) dan sudah terbukti kualitasnya. Kemudian hindari pemasangan baja ringan saat musim penghujan.

 

Namun jika tiba-tiba turun hujan atau terjadi cuaca ekstrem saat melakukan konstruksi, berikut tips yang harus dilakukan untuk menghindari karat pada baja ringan:

 

  • Simpan baja ringan di tempat kering dan gunakan penumpu agar tidak bersentuhan langsung dengan tanah dan genangan air
  • Susun dengan posisi miring jika baja ringan disimpan di tempat terbuka kemudian tutup dengan terpal plastik agar menghindari genangan air.
  • Meskipun baja ringan ditutup dengan plastic, pastikan sirkulasi udara nya tetap baik.

 

Genteng baja ringan yang berkualitas mampu menjadi salah satu solusi yang menjawab kekhawatiran Sobat Builders dalam memilih material yang tahan karat. Ini karena material yang mudah berkarat sangat berisiko dan membuat struktur bangunan menjadi lemah. Banyaknya genteng baja ringan yang dijual di pasaran, membuat Sobat Builders harus lebih jeli dalam memilih material baja ringan yang berkualitas.

 

Bagaimana Cara Mengetahui Ketahanan Karat pada Genteng Baja Ringan?

 

Lapisan Ketahanan Karat

Lapisan ketahanan karat baja ringan

 

Lapisan pelindung karat pada baja ringan berbeda-beda, tergantung jenis dan fungsi baja ringan itu sendiri. Pilih baja ringan yang memiliki lapisan pelindung karat sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Misalnya:

  • Menurut Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk pengaplikasian rangka baja ringan, minimal baja ringan tersebut memiliki kandungan alumunium zinc (AZ) 100 gr/m2.
  • Sedangkan untuk pengaplikasian pada atap/genteng baja ringan menurut SNI adalah lapisan pelindung karatnya minimal alumunium zinc (AZ) 70 gr/m2.
  • Lalu untuk penggunaan baja ringan pada interior/rangka plafon minimal memiliki lapisan anti karat alumunium zinc (AZ) sebanyak 50 gr/m2 menurut SNIkode printing

Contoh kode baja ringan

 

Jadi, pastikan memilih baja ringan yang sudah sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Baja ringan yang bagus sebaiknya memiliki lapisan anti karat. Lapisan anti karat pada baja ringan biasanya tertulis dalam sebuah kode yang terdapat pada sisi muka produk. Pastikan juga memilih baja ringan yang memiliki kandungan dengan perpaduan alumunium dan seng (zinc) antara 43,5% seng, 55% alumunium, dan 1,5% silicon. Kombinasi tersebut akan menghasilkan produk yang kokoh dan kuat. Baja lapis zinc ini memiliki jangka waktu pemakaian yang 4x lebih awet dibandingkan baja lapis lainnya.

 

Pilih Baja Ringan Terbaik yang Sudah Terjamin Kualitasnya

 

Berdasarkan pembahasan di atas, untuk menghindari karat pada baja ringan adalah dengan memilih baja ringan yang bagus di pasaran. Gunakan baja ringan BlueScope Zacs®️ sebagai genteng dan rangka nya guna menghindari karat dan korosi. Berikut beberapa keunggulan baja ringan BlueScope Zacs®️:

 

Berstandar Nasional Indonesia (SNI) dan Australia

Baja lapis BlueScope Zacs®️ sudah memiliki 2 sertifikasi Standar Nasional Indonesia yaitu Standar Kualitas Baja Lapis Alumunium Seng Warna dan Standar Kualitas Baja Lapis Alumunium Seng Non-Warna. BlueScope Zacs®️ juga sudah memenuhi Standar Nasional Australia AS1397 & AS2728.

 

Sudah melakukan uji ketahanan karat

Uji ketahanan karat dilakukan dengan menggores secara silang pada permukaan plat dan menyemprotkan kabut garam selama 1000 jam nonstop. Hasil pengujiannya menunjukkan produk baja ringan BlueScope Zacs®️ memiliki ketahanan karat yang lebih baik.

 

Memiliki garansi resmi

Baja ringan BlueScope Zacs®️ memiliki garansi resmi yang menjamin 10 tahun ketahanan karat dan 5 tahun ketahanan warna.

 

Nah, Sobat Builders sudah mengetahui secara jelas kan seputar ketahanan karat pada genteng baja ringan? Gunakan baja ringan dari BlueScope Zacs®️ untuk rumah/bangunan yang lebih kokoh dan prima untuk ketahanan dan investasi jangka panjang.

 

Tagging : 

Genteng baja ringan , Baja ringan yang bagus di pasaran ,  Baja ringan anti karat 



User Profile Picture