SOCIAL MEDIA

Copyright (c) 2019 BlueScope Zacs™ - All Right Reserved
Tiara
Terakhir diperbaharui: 22 Feb 2024
Share:
  • Klik untuk salin

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membangun Hunian Rumah Lingkungan

Di zaman sakarang ini, dampak kerusakan lingkungan kian terasa seperti pemanasan global, perubahan iklim dan lainnya. Membangun hunian ramah lingkungan atau yang dikenal sebagai eco friendly house adalah salah satu langkah nyata untuk mendukung pelestarian lingkungan dan mengurangi dampak kerusakan lingkungan.Di zaman sakarang ini, dampak kerusakan lingkungan kian terasa seperti pemanasan global, perubahan iklim dan lainnya.

 


Atap baja ringan BlueScope Zacs®️ Natural – Hitam Rokan

 


Membangun hunian ramah lingkungan tidak bisa sembarangan, untuk itu perhatikan hal-hal ini sebelum membangun hunian ramah lingkungan:


1. Memilih lokasi yang efisien

Hal paling utama adalah pemilihan lokasi rumah, pastikan membangun rumah yang ramah lingkungan di lokasi serta efisien. Misalnya lahan di bantaran sungai atau daerah resapan air, karena membangun rumah di lokasi seperti ini dapat mengganggu siklus daur air dan mengakibatkan banjir. Kemudian, hindari juga membangun rumah dekat pembuangan sampah karena rentan terkena bahaya pencemaran air tanah. 

Jangan sampai lokasi lahan yang Sobat Builders pilih tidak mendukung konsep rumah ramah lingkungan yang ingin dibangun ya!

 

2. Memiliki area terbuka hijau

Sisakan sedikit lahan rumah untuk dijadikan area terbuka hijau. Selain sebagai keindahan, area terbuka hijau pada rumah ramah lingkungan juga bisa menjadi area resapan (biopori). Sobat Builders bisa mengisi area ini dengan tanaman-tanaman hias yang mampu menyerap CO2 dengan baik seperti lili paris dan sirih gading.

 

3. Pertukaran udara yang baik

Rumah ramah lingkungan harus memiliki pertukaran udara yang baik agar penghuni terasa nyaman dengan kesejukan di dalam rumah. Agar terciptanya sirkulasi udara yang baik, Sobat Builders harus memperhitungkan posisi ventilasi dan jendela dengan cermat. Usahakan terdapat ventilasi atau jendela di tiap ruangan pada rumah dan hindari terlalu banyak sekat pada ruangan agar aliran udara tetap terjaga.

 

4. Hemat energi

Rumah ramah lingkungan wajib hemat energi. Untuk mewujudkan rumah modern yang hemat energi, Sobat Builders bisa memanfaatkan teknologi smart home misalnya dengan menggunakan smart light yang memiliki sistem otomatis untuk padam dan hidup, hasilnya tidak akan ada lagi kasus lampu hidup semalaman karena lupa dimatikan dan lebih hemat listrik. 


Selain menggunakan teknologi smart home, Sobat Builders juga bisa memanfaatkan energi lain seperti panel surya. Panel surya memanfaatkan sinar matahari sebagai pembangkit listrik sehingga lebih ramah lingkungan.

 

5. Pemilihan material

Material yang digunakan untuk membangun rumah ramah lingkungan tentunya harus ramah lingkungan. Tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak sekali pilihan material yang eco-friendly salah satunya adalah material baja ringan . Material baja ringan sangat cocok untuk hunian modern yang mengusung konsep ramah lingkungan. Selain menambah keindahan pada rumah karena berbagai pilihan warna trendi, baja ringan juga tidak terbuat dari zat berbahaya untuk lingkungan dan kesehatan.


Kenapa Baja Ringan Ramah Lingkungan?


1. Awet untuk jangka waktu panjang
Baja ringan dikenal sebagai material yang awet untuk jangka panjang karena tidak mudah mengalami, karat, lapuk, ataupun korosi. Selain itu, penggunaan baja ringan dapat membantu mengurangi pemakaian kayu dan meminimalisir illegal loging.

 

2. Versatilitas
Baja ringan merupakan material yang fleksibel dan serbaguna. Bobotnya yang ringan membuat baja ringan mudah dibentuk dan diaplikasikan menjadi apa saja untuk kebutuhan konstruksi, contohnya baja ringan bisa dibuat untuk beberapa interior unik yang ramah lingkungan.

 

3. Tidak mengandung bahan kimia
Material baja ringan tidak dibuat dari bahan kimia maupun zat beracun sehingga lebih ramah lingkungan.

 

4. Daur ulang
Baja ringan dari hasil pembongkaran konstruksi dapat didaur ulang dan dimanfaatkan kembali untuk kebutuhan lain karena material nya yang kokoh dan tidak mudah korosi.

 

Keunggulan Baja Ringan BlueScope Zacs®️

 

Atap baja ringan BlueScope Zacs®️ Natural - Hitam Rokan

 

Memilih baja ringan di pasaran tidak bisa sembarangan, ini karena tidak semua baja ringan memiliki kualitas yang sama. Pilih baja ringan dengan kualitas terbaik  seperti baja ringan BlueScope Zacs®️ yang memiliki beberapa keunggulan seperti:

 

1. Sudah melakukan uji ketahanan karat dengan cara menggores silang plat permukaan baja ringan lalu menyemprotkannya dengan kabut garam selama 1000 jam nonstop yang hasilnya baja ringan BlueScope Zacs®️ lebih tahan karat dibanding baja ringan merek lainnya.1. Sudah melakukan uji ketahanan karat dengan cara menggores silang plat permukaan baja ringan lalu menyemprotkannya dengan kabut garam selama 1000 jam nonstop yang hasilnya baja ringan BlueScope Zacs®️ lebih tahan karat dibanding baja ringan merek lainnya.

 

2. Sudah bersertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Australia. Baja ringan BlueScope Zacs®️ diproduksi menggunakan teknologi yang terbukti 100 tahun di Australia

 

3. Memiliki garansi resmi 10 tahun ketahanan karat dan 5 tahun ketahanan warna.Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membangun hunian ramah lingkungan. Selain mampu mendukung pelestarian lingkungan, baja ringan BlueScope Zacs®️ juga memiliki berbagai pilihan warna cantik yang trendi dan natural. Warna-warna tersebut mampu menambah konsep hunian ramah lingkungan menjadi lebih modern dan estetik. 

 

tagging:
Inspirasi desain rumah tropis 
Atap rumah tekstur alami 
Trend atap rumah modern industrial 



User Profile Picture